Friday, September 29, 2006

Beradaptasi di Tempat Kerja

Dalam menjalani keseharian di dunia kerja, Anda akan bertemu dengan beragam tipe orang. Dari yang menyenangkan sampai yang menyebalkan bahkan menjengkelkan. Dari yang pendiam sampai yang bawel, dari Mr. Helper sampai Mr. Cuek dari Ms. Smart sampai Mrs. Gosip, dan beragam tipe lainnya. Agar Anda sukses dalam karir dan bisa melaksanakan pekerjaan dengan lancar, Anda harus tahu bagaimana caranya menyesuaikan diri dengan lingkungan kerja. Apa pun tipe rekan kerja Anda, Anda harus bisa bergaul dengan mereka. Jika Anda bisa bergaul secara baik dengan mereka, maka jalur karir Anda akan lancar dan aman.
Inilah hal-hal yang perlu Anda ketahui dan jalankan:
1. Jika Anda adalah karyawan baru, maka luangkan waktu untuk mengamati lingkungan dan orang-orang yang ada di sana. Banyak-banyaklah melihat dan mendengar dari berbagai lapisan dan sudut yang ada di perusahaan tersebut. Jangan terlalu banyak bicara dulu. Ingat, Tuhan menciptakan manusia dengan dua mata, dua telinga dan hanya satu mulut. Apalagi Anda sebagai orang baru yang masih harus banyak belajar dan menyesuaikan diri dengan pekerjaan dan lingkungan kerja yang baru.
2. Sebagai karyawan, Anda harus mematuhi pedoman dan peraturan kerja perusahaan. Terkecuali jika ada kebijakan perusahaan yang menurut Anda tidak sesuai dengan keinginan, Anda bisa menanyakan kepada pihak perusahaan. Namun, jika memang sudah demikian adanya dan Anda merasa tidak nyaman, Anda bisa memikirkan dan mempertimbangkan kembali keberadaan Anda di perusahaan tersebut.
3. Hati-hatilah dalam berbicara. Pembicaraan dengan rekan kerja sebaiknya yang ada kaitannya dengan pekerjaan Anda. Hindari pembicaraan mengenai hal-hal yang berkaitan dengan kebijakan-kebijakan perusahaan jika memang itu tidak ada kaitannya dengan tugas Anda. Mungkin rekan kerja Anda akan mengajak untuk bergosip. Jika demikian, sebaiknya Anda cukup hanya mendengarkan saja, tidak usah menanggapi dan mengomentari. Hindari Anda untuk ikut bergosip.
4. Jadilah orang yang disukai dan menyenangkan bagi rekan kerja. Caranya, bantulah rekan kerja yang sedang mengalami kesibukan dengan iklhas. Jika Anda bisa melakukan hal tersebut, reputasi Anda akan meningkat dan Anda akan disukai rekan kerja.
5. Hindari terlalu akrab dengan rekan kerja yang kerap membuat masalah atau orang-orang yang tidak disukai oleh bos. Disadari atau tidak, Anda akan terbawa ke dalam persoalan dan akan mendapat perhatian dari pihak perusahaan.
6. Jujurlah dalam melaksanakan kerja dan dalam kesepakatan-kesepakatan yang dibuat baik dengan rekan kerja atau pihak-pihak lain. Pepatah mengatakan, "Sekali lancung, seumur hidup orang tidak percaya". Maka dari itu, sedari awal jujurlah.
7. Mengatasi masalah dengan cara arif dan bijaksana. Dalam dunia kerja, krisis atau masalah itu hal yang biasa terjadi. Masalah dengan rekan kerja atau dengan atasan, harus diatasi dengan tenang dan penuh rasa hormat. Ingat Anda bekerja di kantor atau perusahaan, bukan di pasar atau di tempat parkir.
Semoga bermanfaat.
Sumber : Republika.

No comments:

Post a Comment

Daftar Bupati Purbalingga

DAFTAR BUPATI PURBALINGGA Foto: Dyah Hayuning Pratiwi, Bupati Purbalingga (medcom.id) Tahukah Anda, bupati Purbalingga saat ini y...