Monday, September 25, 2006

Minggu Pertama di Kantor

Kebanyakan orang menganggap bahwa jika kita telah diterima untuk bekerja di sebuah perusahaan, kita tidak memerlukan lagi strategi alias tinggal kerja saja. Tidak demikian adanya. Sebagaimana yang pernah diungkapkan oleh Bapak Anthoni Dio Marthin, seorang pakar SDM. Beliau mengungkapkan bahwa banyak eksekutif puncak mengatakan, apa yang dilakukan oleh karyawan baru pada minggu pertama sudah cukup menggambarkan apakah orang tersebut adalah orang yang tepat atau tidak. Artinya, sebagai karyawan baru perlu menyiapkan strategi untuk menghadapi minggu pertama di kantor. Hal ini tentunya sangat diperlukan demi karir kita agar bisa berhasil sesuai dengan harapan. Strategi apa saja yang perlu dipersiapkan? Berikut adalah gambaran tentang apa saja yang perlu dilakukan di minggu pertama kerja.
1. Mengenal Rekan Kerja
Anda tidak mungkin kerja sendiri bukan? Nah untuk itulah ANda perlu mengenal rekan-rekan kerja. Biasanya pihak HRD atau personalia akan membawa Anda berkeliling untuk diperkenalkan ke seluruh karyawan. Dalam tahap ini, Anda harus tunjukkan sikap pribadi yang positif seperti ramah, terbuka, ceria dan optimis. Jangan lupa, hafalkan wajah rekan kerja Anda. Jangan sampai ANda salah memanggil nama orang.

2. Mengetahui Tugas Kerja Anda
Biasanya pihak personalia akan memberitahukan tugas kerja Anda. Namun, seandainya pihak personalia belum memberitahu Anda, tidak ada salahnya Anda berinisiatif menanyakan kepada pihak personalia. Jangan sampai terjadi, setelah proses pengenalan selesai, Anda terlihat bingung karena tidak tahu apa yang harus dikerjakan. Di sini akan terlihat, apakah Anda tipe orang yang kreatif, penuh inisiatif cekatan atau tipe orang yang lamban dan hanya menunggu perintah.

3. Mengetahui Tugas Rekan Kerja
Kebanyakan karyawan baru, hanya berkonsentrasi pada pekerjaannya. Padahal, ada baiknya mengetahui apa pekerjaan rekan kerja terutama yang ada kaitannya dengan pekerjaan Anda. Dengan demikian, kita bisa mengetahui kepada siapa bisa meminta saran, bantuan atau pertimbangan pada saat dibutuhkan.

4. Mengenal Budaya Perusahaan
Anda perlu mengenal budaya perusahaan yang ada dilingkungan perusahaan tersebut untuk kemudian ikutilah. Mungkin Anda bisa mengatakan bahwa budaya tersebut tidak sesuai dengan pribadi Anda. Anda berkeinginan merubah budaya perusahaan tersebut. Namun demikian perlu Anda ingat, sebagai karyawan baru sebaiknya ikuti saja dulu. Jika ingin mengubahnya, ubahlah dengan perlahan-lahan tanpa orang mengetahuinya. Dan ini adalah masalah yang tidak mudah karena Anda harus mengubah kebiasaan banyak orang. Akan tetapi bukan hal yang mustahil, caranya, mulailah dari diri sendiri sebagaimana saran AA Gym.

5. Jadilah Pribadi yang Effektif
Ada resep cespleng dan berlaku universal di manapun Anda bekerja. Resep tersebut sebagaimana dikemukakan oleh Bapak Mario Teguh, seorang konsultan bisnis terkemuka di Indonesia. Beliau mengatakan: Kepandaian untuk diterima, disukai dan dipercaya oleh orang lain adalah pemungkin bagi keberhasilan pribadi kita. Tanpanya, kita hanya akan menjadi orang yang hebat untuk diri sendiri, padahal tidak ada orang yang berhasil sendirian tanpa bantuan orang lain. Jadi, dimana pun Anda bekerja, langkah awal sebagai karyawan baru adalah berusahalah untuk bisa Diterima, Disukai dan Dipercaya. Semoga bermanfaat.
Dari berbagai sumber

No comments:

Post a Comment

Daftar Bupati Purbalingga

DAFTAR BUPATI PURBALINGGA Foto: Dyah Hayuning Pratiwi, Bupati Purbalingga (medcom.id) Tahukah Anda, bupati Purbalingga saat ini y...