Tuesday, January 12, 2010

Minder untuk Memulai Belajar Menulis


Sebenarnya saya merasa sudah terlalu tua untuk memulai belajar menulis. Melihat dan memperhatikan teman-teman yang rajin ngeblog dan belajar menulis, rata-rata mereka masih muda, berusia sekitar dua puluh hingga tiga puluhan tahun. Sementara saya sudah di atas empat puluh tahun. Jujur saja kalau mengingat ini, ada rasa malu dan minder juga. Takut dikatain orang. “Wong sudah tua kok baru belajar menulis, bisa apa?”

Karena itu, awalnya saya belajar menulis dengan sembunyi-sembunyi. Membaca beberapa buku tentang menulis, baik yang saya beli sendiri maupun yang pinjam dari perpustakaan sekolah, tempat saya bekerja. Saya juga rajin mengkliping artikel-artikel tentang menulis dari koran, majalah, dan internet. Saya juga ikut milis-milis kepenulisan. Semua itu saya lakukan tanpa diketahui oleh teman-teman di kantor.

Kemudian ketika teman-teman akhirnya tahu, saya tak ambil pusing. Sebodoh, meminjam istilah Pak Ersis Warmansyah Abbas, pencetus Ersis Writing Theori (EWT). Mau mencibir, silakan. Mau mencemooh, ya monggo. Sakersane…

Sebaliknya, bahkan ada sedikit kebanggaan setelah aktifitas saya selama ini diketahui oleh orang-orang. Karena saya merasa, dengan menulis saya yakin akan mampu meledakkan potensi saya yang masih tertidur. Bahkan saya melihat raut wajah mereka penuh dengan kekhawatiran. Tampaknya mereka juga sadar bahwa menulis akan mampu melejitkan prestasi seseorang.

Mereka khawatir karena meski dengan tertatih-tatih, saya masih mau menyempatkan diri untuk berlatih dan belajar menulis. Sementara mereka enggan dan tak mau untuk berlatih dan belajar menulis. Atau mungkin mereka tak punya waktu karena kesibukan mereka. Saya tahu mereka khawatir. Sesungguhnya saya juga khawatir. Kekhawatiran itu saya gunakan untuk meningkatkan motivasi untuk berlatih dan belajar menulis.

Salam Menulis!

Sumber image: opinikampus.files.wordpress.com

No comments:

Post a Comment

Daftar Bupati Purbalingga

DAFTAR BUPATI PURBALINGGA Foto: Dyah Hayuning Pratiwi, Bupati Purbalingga (medcom.id) Tahukah Anda, bupati Purbalingga saat ini y...