Thursday, February 16, 2012

Intisari Khotbah Jum'at 10 Februari 2012

Intisari Khotbah Jum’at, 10 Februari 2012, di Masjid Nururrahman, Kedaung Pamulang Tangerang
Khotib: Ust. H. Syahroni CH.
Tema: Manusia sebagai Makhluk yang Sempurna

Manusia adalah makhluk yang paling sempurna yang diciptakan Allah SWT. Malaikat mempunyai akal tapi tidak mempunyai nafsu. Hewan memiliki nafsu namun tak memiliki akal. Sedangkan manusia memiliki keduanya, akal dan nafsu. Allah telah berfirman dalam surat At Tin ayat 4 yang artinya, “Sungguh Kami telah menjadikan manusia dalam bentuk yang sebaik-baiknya”.
 
Selama akal masih berfungsi atau sempurna, maka hakekatnya sebagai manusia. Tetapi kalau akalnya tidak lagi sempurna, maka dia akan seperti hewan karena dia berperilaku hanya berdasarkan nafsunya. Jika akal seseorang tidak lagi sempurna, maka tidak lagi memiliki rasa kasih sayang dan belas kasihan terhadap orang lain dan sesama. 
 
Dengan akal itu pula manusia bisa bersyukur kepada Allah SWT. Bersyukur karena nikmat umur, iman dan Islam serta nikmat sehat. Karena ketiga nikmat itulah, kita semua bisa menghadiri undangan Allah untuk datang ke mesjid ini menunaikan solat jum’at. Banyak saudara-saudara kita yang saat ini masih berleha-leha, bercengkerama atau sibuk dengan pekerjaan atau dagangannya. Mereka panjang umur dan sehat, namun tidak diberi nikmat iman dan Islam. Sehingga mereka masih terus sibuk dengan urusan dunia dan mengabaikan undangan Allah bersolat Jum’at.

Hadis Rasulullah yang artinya; ada tiga yang mengantarkan jenazah seseorang, keluarganya, harta bendanya dan amal solehnya. Yang pertama dan kedua akan segera meninggalkannya ketika pemakaman usai dilaksanakan. Hanya yang ketiga, yang akan setia menemaninya, yakni amal sholeh. Maka yang perlu kita pikirkan adalah, sudahkah kita mengumpulkan amal soleh?

No comments: