Saturday, February 04, 2012

Khutbah Jum'at: Ketetapan Allah

Khutbah Jum’at (3-2-2012) di Masjid Nururrahman, Kedaung Pamulang. Judul Ketetapan Allah.
Khotib: Ust. Ali Imran, SQ, S.Pd.

Setiap makluk sudah memiliki ketetapan masing-masing. Contoh Cacing, telah ditetapkan hidup nyaman dan bahagia tatkala berada di dalam lumpur yang berbau busuk.

Kalau kita pikir, apa enaknya hidup di dasar lumpur yang gelap dan bau busuk. Tapi itulah ketetapan Allah untuk makhluk bernama cacing. Kalau cacing itu di taruh di atas permadani yang indah atau di atas marmer, cacing itu malah merasakan sangat menderita, tidak nyaman bahkan mungkin mati.

Begitu juga dengan ikan. Ikan telah ditetapkan Allah bahwa dia akan hidup nyaman dan bahagia di dalam air. Apabila ikan diangkat dan dikeluarkan dari air, dia akan menerita dan mati.

Manusia telah ditetapkan Allah akan hidup bahagia jika dalam iman dan amal sholeh. Sebagaimana firman Allah dalam surat An Nahl ayat 97 yang artinya;
“Barang siapa yang berbuat kebaikan dari laki-laki atau perempuan dan dia mukmin, niscaya Kami menghidupkannya dengan kehidupan yang baik; dan Kami member balasan kepada mereka dengan pahala yang lebih baik dari apa yang mereka kerjakan”

Kekayaan, tanpa iman dan amal sholeh tidak akan membuat manusia hidup bahagia. Banyak contoh yang ada di sekitar kita. Ada seorang yang kaya raya, mobilnya banyak, rumahnya mewah, istrinya cantik-cantik, tapi dia tidak bahagia. Bahkan  hidupnya berakhir dengan tragis dan mengenaskan. Dia bunuh diri dengan melompat dari lantai 7 sebuah gedung perbelanjaan. Dia kaya tapi tanpa iman dan amal sholeh. Orang seperti itu, hidupnya tidak akan bahagia.

Allah juga berfirman dalam Surat Al 'Asr (1-3):
“Demi Masa. Sesungguhnya manusia itu benar-benar dalam kerugian, kecuali orang-orang yang beriman dan beramal sholeh, dan saling berpesan dengan kebenaran dan saling berpesan dengan kesabaran”.

No comments:

Post a Comment

Daftar Bupati Purbalingga

DAFTAR BUPATI PURBALINGGA Foto: Dyah Hayuning Pratiwi, Bupati Purbalingga (medcom.id) Tahukah Anda, bupati Purbalingga saat ini y...