Monday, March 19, 2012

Menjaga Kesehatan

Belakangan cuaca semakin tidak menentu. Siang hari panas menyengat, sore hari hujan datang tiba-tiba. Tidak jarang disertai hembusan angin kencang. Malam hingga pagi terkadang dingin menyengat. Di rumah, di kantor, di sekolah atau di kampus tidak sedikit kita temui orang-orang yang sakit. Batuk, pilek, demam, radang tenggorokan atau bahkan tipus. Orang-orang terdekat di keluarga, saudara, teman atau tetangga ada saja yang terkena sakit.
Kalau kita amati, cuaca dan kondisi lingkungan memang semakin tidak menentu. Berbagai macam penyakit juga semakin mudah datang. Oleh karena itu, mau tak mau kita harus semakin peduli terhadap kondisi yang ada. Kita harus senantiasa memperhatikan cuaca dan lingkungan di sekitar kita. Selain itu kita juga harus menjaga kondisi fisik kita agar tetap fit dan prima.
Berikut beberapa tips yang mungkin bisa berguna.
  1. Makan dan minum yang teratur. Kondisi fisik yang fit dan prima bisa menghindarkan kita dari berbagai serangan penyakit. Dengan kondisi badang yang sehat maka daya tahan tubuh kuat. Namun karena kesibukan, sering kali banyak orang yang menunda atau bahkan lupa makan dan minum. Akibatnya makan telat waktu dan tidak teratur, minum air putih juga kurang. Jika sudah seperti ini maka kondisi fisik pasti menurun karena kesibukan yang tinggi tidak diimbangi asupan makan dan minum yang teratur. Makan dan minumlah yang teratur. Makan tiga kali sehari dan minum air putih  minimal 8 gelas per hari.
  2. Istirahat yang cukup. Hidup di jaman sekarang dan tinggal di kota-kota besar apalagi Jakarta, 24 jam sehari rasanya memang tidak cukup. Persaingan hidup yang semakin tinggi membawa konsekuensi tuntutan juga semakin tinggi pula. Demi memenuhi semua tuntutan itu, tak jarang orang bekerja sampai larut malam bahkan hingga dini hari. Banyak orang yang beristirahat hanya 2 sampai 3 jam sehari. Padahal istirahat yang cukup seharusnya antara 6 hingga 8 jam sehari. Perlu sekali diingat bahwa apa yang kita usahakan untuk dinikmati. Kalau kita sakit-sakitan maka apa yang kita upayakan mati-matian itu menjadi tidak ada artinya lagi.
  3. Jagalah kebersihan. Pepatah mengatakan bahwa kebersihan pangkal kesehatan. Kebersihan di sini tentu kebersihan jasmani dan rohani. Untuk menjaga kebersihan jasmani, mandi dua kali sehari dan sering-seringlah cuci muka, tangan dan kaki. Terutama cuci tangan sehabis makan, seusai memegang sesuatu yang mungkin kotor, uang dan sebagainya. Apalagi setelah berjabat tangan dengan orang yang sedang sakit. Selain fisik, kebersihan rohani juga sangat berperan terhadap kesehatan kita. Pepatah orang bijak mengatakan bahwa penyakit berasal dari pikiran kita sendiri. Untuk menjaga kebersihan rohani, sebagai seorang muslim tentu solat wajib tepat waktu. Agar semakin bersih, jangan lupa ditambah solat sunah, doa dan dzikir-dzikir lainnya.
  4. Hindari tempat terbuka terlalu lama. Tempat terbuka memungkinkan orang terkena langsung terik matahari, hujan dan angin.  Kondisi tersebut menyebabkan orang mudah terkena penyakit. Oleh karena itu, jika memungkinkan hindari tempat-tempat terbuka seperti di lapangan, jalanan, atau di tempat terbuka lainnya. Kalau tidak memungkinkan maka usahakan jangan terlalu lama berada di sana. Namun jika di tempat itulah tempat tugas dan aktifitasnya, maka berjagalah dengan mengenakan pakaian pengaman seperti jaket, mantel, topi atau payung terutama saat hujan.
Lebih baik mencegah dari pada mengobati. Semoga bermanfaat. Tetap semangat, tetap sehat dan sukses selalu.

No comments: