Sunday, June 21, 2020

Kabupaten Purbalingga

Kabupaten Purbalingga

Foto: Alun-alun Purbalingga (Dok. Pribadi)

Purbalingga adalah sebuah kabupaten di propinsi Jawa Tengah. Kabupaten Purbalingga berbatasan dengan kabupaten Pemalang di sebelah utara, kabupaten Banjarnegara di sebelah timur dan selatan, serta kabupaten Banyumas di sebelah barat dan selatan. Kabupaten Purbalingga adalah salah satu kabupaten di wilayah eks karesidenan Banyumas selain kabupaten Banjarnegara, kabupaten Cilacap dan Kabupaten Banyumas.

Secara geografis, wilayah kabupaten Purbalingga berada di antara 101° 11" BT – 109° 35" BT. Dataran Purbalingga berada di kisaran 40 – 1500 di atas permukaan laut. Wilayah kabupaten ini berada di cekungan rangkaian pegunungan Slamet dan dataran tinggi Dieng di sebelah utara. Sementara di bagian selatan merupakan depresi Serayu yang dialiri dua sungai besar yakni kali Serayu dan anak sungainya kali Pekacangan. Beberapa anak sungai lainnya antara lain kali Klawing dan kali Gintung.

Saat ini kabupaten Purbalingga terdiri dari 18 kecamatan, yang terdiri atas 224 desa dan 15 keluaran. Ke-18 kecamatan itu adalah Purbalingga, Kalimanah, Kaligondang, Karangreja, Karanganyar, Kutasari, Mrebet, Bobotsari, Rembang, karangmoncol, Kejobong, Bukateja, Kemangkon, Padamara, Pengadegan, Bojongsari, Karangjambu dan Kertanegara.   

Kabupaten ini beribu kota Purbalingga. Seperti di kabupaten lain pada umumnya, hampir selalu ada yang namanya alun-alun. Biasanya alun-alun ini letaknya di depan kantor Bupati. Dan pada umumnya pula, di setiap alun-alun biasanya ada pohon beringin. Sayang, pohon beringin raksasa kembar di alun-alun kota Purbalingga ini roboh diterjang angin puting beliung pada 25 Oktober 2016.  

Foto: Pendopo Kabupaten Purbalingga (Dok. Pribadi)

Purbalingga kini punya beberapa tempat wisata mulai dari Gua Lawa, Objek Wisata Air Bojongsari (Owabong) dan wisata agro kebun strawbery dengan panorama Gunung Lompong di Pratin Serang Karangreja.  Kemudian desa wisata Karangbanjar, Purbasari Pancuran Mas, Situ Tirta Marta (Sitama) di Karangcegak Kutasari, Monumen Jendral Soedirman di Bantarbarang, Rembang, Sanggaluri Park di Kutasari, Museum dan Perpustakaan Umum Poerbakawatja, Bumi Perkemahan dan wahana Outbond Munjul Luhur Karangbanjar Kalimanah, kolam pemandian Walik Tirto Asri, Curug Nini, Curug Silintang dan silawang, curug Ciputut dan curug Sumba.

Satu lagi yang tentu sudah sangat familier bagi warga Kembangan adalah Congot. Suatu tempat wisata eksotik yang merupakan pertemuan dua buah sungai besar, kali Serayu dan kali Klawing. Objek wisata Congot ini terletak di desa Kedungbenda kecamatan Kemangkon, sekitar 15 km arah selatan darn kota Purbalingga. Kalau dari desa Kembangan kira-kira, mungkin 8-10 km ke arah barat. (mohon dikoreksi karena penulis belum pernah ke Congot).

Bersambung ....

Sumber Referensi:
1. id.wikipedia.org
2. purbalingga.go.id
3. purbalingganews.net
4. seputarpurbalingga.blogspot.com
5. mencarisejarah.blogspot.com

Foto: Dokumen Pribadi


No comments:

Post a Comment

Daftar Bupati Purbalingga

DAFTAR BUPATI PURBALINGGA Foto: Dyah Hayuning Pratiwi, Bupati Purbalingga (medcom.id) Tahukah Anda, bupati Purbalingga saat ini y...