Sunday, April 24, 2016

Contoh Surat Pengantar ke Redaksi


Untuk mengirimkan artikel Opini ke media massa, maka diperlukan surat pengantar yang ditujukan kepada redaktur. Karena sekarang pengiriman tulisan melalui email, maka surat pengantar itu dituliskan di badan email. Sementara Artikel atau tulisan opini dilampirkan dalam bentuk attachment dengan format word atau rtf. Berikut adalah contoh surat pengantar kepada redaktur.


Kepada Yth.
Redaktur Opini
Koran Sindo
di –
          Tempat


Assalamu’alaikum wr. wb.

Salam Sejahtera,

Bersama ini saya kirimkan tulisan berjudul ”Nasib Sepak Bola Indonesia” untuk dimuat di halaman Opini.

Tulisan ini sebagai ungkapan keprihatinan akan nasib dan masa depan sepak bola Indonesia setelah Menpora membekukan PSSI dan FIFA menghukum Indonesia karena dianggap ada interfvensi pemerintah terhadap federasi.

Melalui tulisan ini saya ingin mengingatkan sekaligus memberi saran kepada pemerintah khususnya Menpora bahwa untuk memperbaiki tata kelola dan meningkatkan prestasi sepak bola Indonesia, tidak cukup hanya membekukan kepengurusan PSSI saja. Harus dipikirkan bagaimana Indonesia bisa keluar dari sanksi FIFA, karena jika masih kena sanksi, apapun upaya yang dilakukan akan tetap sia-sia karena Indonesia tidak bisa tampil di ajang internasional.

Mudah-mudahan redaksi berkenan memuat tulisan ini. Atas perhatian dan kerjasamanya, saya ucapkan terima banyak kasih.

Wassalamu’alaikum wr. wb.

Depok, 25 April 2016



Mas Badiyo

Alamat : Jl. ..............................................................
Alamat Kontak : HP 0815 102 xxx xx
Email : …………………………………………….
Nomor Rekening: ……………. Bank. ……………

*) Contoh diambil dari buku Freelance Media, Cara Gampang Cari Uang, karya Zaenuddin HM, Cetakan I, Milenia Populer, 2003.
                               
Demikian contoh surat pengantar kepada redaksi. Tidak ada yang baku dalam penulisan surat pengantar. Karena itu Anda bisa saja mengubah format surat pengantar dan menyesuaikannya sesuai kebutuhan. Semoga bermanfaat. Jika ada kesalahan dan kekurangan, silakan dikoreksi dan ditambahkan di bagian kolom komentar. 

No comments:

Post a Comment

Daftar Bupati Purbalingga

DAFTAR BUPATI PURBALINGGA Foto: Dyah Hayuning Pratiwi, Bupati Purbalingga (medcom.id) Tahukah Anda, bupati Purbalingga saat ini y...