Sunday, April 24, 2016

Contoh Biodata Penulis


Selain surat pengantar, perlu disertakan juga bodata penulis. Bagaimana redaktur tahu tentang data diri Anda jika tidak ada biodata yang dilampirkan. Kecuali Anda seorang pakar, pejabat pemerintahan atau sebuah lembaga atau penulis yang sudah sangat dikenal, maka biodata tidak terlalu diperlukan lagi. Namun jika Anda adalah seorang penulis biasa, bukan pakar dan bukan pejabat pemerintah atau sebuah lembaga dan Anda  baru pertama mengirimkan tulisan, maka Anda perlu menyertakan biodata.

Berikut adalah contoh biodata seorang penulis dalam bentuk narasi. (Biodata Arswendo Atmowiloto, seorang penulis superproduktif). Contoh diambil dari Buku Freelance Media, Cara Gampang Cari Uang, karya Zaenuddin HM, Cetakan I, Milenia Populer, 2003):

Arswendo Atmowiloto lahir di Solo, 26 November 1948. Selepas kuliah di IKIP setempat tanpa selesai, ia menjadi penulis. Ada puluhan bukunya yang telah diterbitkan. Yang memenangkan lomba maupun  yang terpilih sebagai buku utama. Sangat berminat pada soal televisi, komik dan lawak yang terus ditekuninya ketika bekerja di Gramedia Majalah sejak tahun 1974 hingga akhir tahun 1990., ketika menghuni Lembaga Pemasyarakatan karena kasus tabloid Monitor yang dipinpinnya.

Sebagai penulis, selain beberapa kali mendapat hadiah nasional, ia pun pernah diundang ke Universitas Iowa, Amerika Serikat, dalam rangka program penulisan kreatif (1979). Ia juga termasuk pemenang ASEAN Award (1987). Sejak bebas bersyarat pada Agustus 1993, ia berkumpul  kembali bersama istri dan ketiga anaknya, dengan membawa oleh-oleh dari Cipinang: sekumpulan sandal jepit bertato dan lukisan tato.

(Dikutip dari Buku MENGHITUNG HARI – Hikmah Kebijaksanaan Dalam Rumah Tahanan / Lembaga Pemasyarakatan, Cetakan V, Grafiti Pers, 1996).


Biodata penulis tersebut di atas hanya sekadar contoh. Anda bisa mengolahnya kembali sesuai dengan selera dan juga kebutuhan. Semoga bermanfaat. Jika ada kesalahan dan kekurangan, silakan koreksi dan tambahkan di bagian kolom komentar. Terima kasih dan Salam Menulis.

No comments:

Post a Comment

Daftar Bupati Purbalingga

DAFTAR BUPATI PURBALINGGA Foto: Dyah Hayuning Pratiwi, Bupati Purbalingga (medcom.id) Tahukah Anda, bupati Purbalingga saat ini y...