Saturday, April 23, 2016

Tips Mengirimkan Artikel Opini ke Media Massa


Betapa senangnya jika tulisan dan nama kita terpampang di halaman opini sebuah surat kabar. Tulisan kita akan dibaca banyak orang. Begitu juga dengan nama kita, semakin dikenal banyak orang. Apalagi jika tulisan kita dimuat sebuah koran nasional ternama semisal Kompas atau Republika, tentu cakupannya akan lebih luas lagi. Tidak sebatas pada suatu kota atau wilayah, melainkan nasional. Bukan hanya itu, sebagai penulis kita akan mendapatkan honor. Menarik bukan?

Namun bagaimana caranya agar tulisan kita bisa dimuat di sebuah media cetak? Cara mengirimkan tulisan ke media massa itu gampang. Namun bagaimana caranya agar tulisan kita dimuat, itu yang sedikit butuh perjuangan. Perlu saya jelaskan bahwa yang dibahas di sini adalah tulisan artikel opini. Untuk jenis tulisan lain seperti feature dan cerpen akan di bahas di lain kesempatan. 

Kita mulai dari yang gampang dulu yaitu bagaimana cara mengirimkan tulisan ke media masa. Sekarang penulis jauh lebih dalam mengirimkan tulisan yaitu melalui email. Berbeda dengan dulu saat belum ada email, penulis harus mengirimkan tulisan melalui surat pos atau dikirim langsung ke kantor redaksi. Dengan pengiriman melalui email, selain praktis, waktu yang dibutuhkan juga jauh lebih cepat.

Berikut tahapan pengiriman tulisan melalui email:

  1. Sebagai penulis Anda harus punya daftar alamat email berbagai media massa
  2. Buat surat pengantar yang berisi perkenalan dan maksud serta tujuan Anda di badan email. (Contoh Surat Pengantar ke Redaksi akan dibahas dalam tulisan tersendiri) 
  3. Lampirkan tulisan Anda dalam bentuk attachment (sisipan, lampiran) dalam format word atau rtf. Jangan mengirimkan tulisan Anda di badan email.
  4. Di Subjek email ditulis: Artkel Opini (judul artikel di tulis di sini) 

Berikut adalah tips agar tulisan Anda berpeluang besar untuk dimuat 

  1. Sesuaikan gaya penulisan di media cetak yang akan dituju. Hal ini memang butuh waktu. Jika akan mengirimkan opini ke Koran Sindo maka Anda harus sering membaca opini yang ada di koran tersebut. Jika sudah sering membaca dan mengamati, pasti Anda akan tahu gaya penulisannya. Selanjutnya tinggal sesuaikan tulisan Anda dengan gaya penulisan di Koran Sindo. Begitu juga untuk koran-koran yang lain. Karena setiap media, setiap Koran punya gaya dan ciri khas masing-masing.
  2. Menulis topik atau tema yang sedang aktual, yaitu yang berkaitan dengan peristiwa yang baru saja terjadi atau peristiwa yang sedang hangat dibicarakan di masyarakat. Anda bisa melihatdari headline atau tajuk rencana/tajuk/editorial dari koran yang bersangkutan. Aktual bisa juga berkaitan dengan perayaan hari-hari besar baik nasional maupun keagamaan. Misalnya hari Pendidikan Nasional, hari Kebangkitan Nasional, Isra Mi’raj, Proklamasi Kemerdekaan, dan lain sebagainya.
Demkian tips cara mengirimkan tulisan opini ke media massa khususnya media massa cetak. Semoga bermanfaat. Jika ada yang salah atau kurang, silakan koreksi dan tambahkan di kolom komentar. Terima kasih dan Salam Menulis.

No comments:

Post a Comment

Daftar Bupati Purbalingga

DAFTAR BUPATI PURBALINGGA Foto: Dyah Hayuning Pratiwi, Bupati Purbalingga (medcom.id) Tahukah Anda, bupati Purbalingga saat ini y...