Monday, April 18, 2016

Dalam Judul Tulisan Minimal Ada Dua Kata Kunci

Akhir pekan kemarin  sebenarnya ada dua undangan. Pertama dari Pak Mustafa Ismail, seorang Bloger yang juga bekerja di Koran Tempo. Pak Mus, mengundang untuk pertemuan hari Sabtu, jam empat sore di Family Mart Universitas Pamulang (Unpam). Sebetulnya Sabtu (16/4/2016) kemarin adalah pertemuan yang ketiga. Namun pertemuan pertama dan kedua saya tidak bisa hadir. Karena itu walau cukup lelah dan ngantuk, saya paksakan untuk bisa hadir.

Beberapa teman bloger yang diundang ternyata berhalangan datang karena ada kegiatan lain. Hanya tiga orang yang bisa hadir, saya, Pak Mustafa dan Mas Zaenal Radar yang ternyata adalah penulis scenario sinetron Tendangan Si Madun dan Mak Ijah Naik Haji. Bagi saya ini adalah pertemuan pertama dengan keduanya. Karenanya saya bersyukur bisa bersilaturahim dengan dua orang penulis senior.

Meski hanya bertiga namun tak mengurangi kualitas obrolan. Kami bertiga ngobrol tentang menulis dan blog. Saya dan Pak Mus ngobrolin tentang bagaimana agar blog ramai pengunjung. Mas Zaenal serius memelototi laptop sambil  mengetik. Sepertinya dia sedang mengejar deadline. Hanya sesekali dia menimpali obrolan.

Saya mendapat pelajaran yang cukup berharga tentang membuat judul yang baik dari Pak Mus. “Rata-rata judul di berita online mengandung dua kata kunci, ada yang tiga kata kunci, seminim-minimnya satu kata kunci,” kata Pak Mustafa. Jika sebuah judul tidak mengandung satu pun kata kunci, ya sudah, lewat.

Saya sampaikan ke Pak Mus, kalau masalah kata kunci sebenarnya saya sudah tahu, namun saya sering mengabaikannya. Ketika menulis dan membuat judul saya asal menulis saja tanpa memperhatikan kata kunci. “Pantes saja selama ini tulisan saya sering lewat dan jarang yang melirik,” kata saya dalam hati. Karenanya saya bertekad untuk memperhatikan kata kunci saat menulis, terutama judul.

Obrolan semakin menarik. Tanpa terasa hari sudah gelap. Setengah delapan malam pertemuan berakhir dengan sebuah pencerahan. Menulis judul tulisan di blog, harus mengandung minimal dua kata kunci.

No comments:

Post a Comment

Daftar Bupati Purbalingga

DAFTAR BUPATI PURBALINGGA Foto: Dyah Hayuning Pratiwi, Bupati Purbalingga (medcom.id) Tahukah Anda, bupati Purbalingga saat ini y...