Saturday, April 02, 2016

Harga BBM Turun, Apaka Tarif ANgkot uga Turun?

Berita hangat hari ini adalah penurunan harga BBM jenis premium dan solar. Benarkah berita tersebut? Ya, itu benar.

Per tanggal 1 April 2016, pukul 00.00 WIB, pemerintah melalui Menteri ESDM menurunkan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis premium dan solar. Pemerintah beralasan bahwa berdasarkan regulasi yang ada, harga BBM tidak boleh dilepas sepenuhnya mengikuti mekanisme pasar. Peemrintah berkewajiban menjaga stabilitas harga BBM.

Dengan Perpres itu, Menteri ESDM memiliki kewenangan untuk memutuskan harga BBM setiap tiga bulan sekali. Harapan pemerintah adalah kalau ada kenaikan atau penurunan tidak terlalu tinggi.

Ya, itu kebijakan pemerintah yang bagus-bagus saja. Namun bagi masyarakat, kebijakan pemerintah yang bagus terkadang tidak berdampak bagus juga bagi masyarakat. Misalnya saat pemerintah mengumumkan kenaikan harga BMM, tarif angkot serta merta dan otomatis naik. Namun sebaliknya, jika harga BBM turun, apakah tarif angkot juga turun?

Padahal saat kenaikan harga BBM, para sopir, pemilik kendaraan, perusahaan angkutan umum melalui Organda berteriak paling keras dan lantang. “Tarif Angkutan Harus Naik”. Namun saat pemerintah menurunkan hara BBM mereka pada diem. Padahal pemerintah juga mengeluarkan kebijakan tentang penurunan tarif angkuta umum.

Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaya Purnama juga tak bisa berbuat banyak. “Kalau angkutan umum masih dikelola oleh pengusaha swasta ya susah, pemerintah nggak bisa ngatur mereka,” kata gubernur yang biasa dipanggil Ahok. Para pengusaha angkutan umum punya seribu alasan untuk tidak bisa menurunkan tarif angkutan.

Karena itu Ahok mengusulkan agar angkutan umum di Jakarta dikelola oleh pemerintah (Pemda DKI) sehingga pengaturan tarif akan lebih mudah. Bagi masyarakat pengguna angkutan umum, ini ide yang sangat bagus. Namanya angkutan umum seharusnya memang dikelola oleh pemerintah sehingga masyarakat sebagai pengguna akan merasa nyaman dan tidak dirugikan.


Jika angkutan umum masih dikelola pengusaha swasta ya selamanya akan seperti ini. Harga BBM naik, tarif angkutan naik, namun saat harga BBM turun tarif angkutan tidak turun. Dan sampai saat ini belum ada rumusnya, tarif angkutan  turun. 

Referensi: sindonews com
Foto: transportinfo blogspot

No comments:

Post a Comment

Daftar Bupati Purbalingga

DAFTAR BUPATI PURBALINGGA Foto: Dyah Hayuning Pratiwi, Bupati Purbalingga (medcom.id) Tahukah Anda, bupati Purbalingga saat ini y...