Friday, May 16, 2014

Duo Kribo, Serupa Tapi Tak Sama

Tak dapat dipungkiri, Sepak bola adalah salah satu hiburan yang paling digemari di seluruh dunia saat ini. Sebagai sebuah hiburan, sepak bola memiliki daya tarik yang sangat luar biasa. Sepak bola disukai berbagai kalangan, mulai dari anak-anak hingga orang tua, laki-laki dan juga perempuan, dari kalangan kantor hingga  para pedagang di pasar dan pinggir jalan. Maka tak mengherankan setiap kali  putaran final Piala Dunia itu digelar, perhatian sebagian besar penghuni planet bumi ini,  tertuju ke sana.

Sepak bola adalah pertunjukkan ketrampilan para pemain dalam mengolah si kulit bundar. Kemampuan teknik dan skil pemain di lapangan hijau menjadi sebuah tontonan yang menarik. Aksi para pemain kerap memukau dan mengundang decak kagum para penonton. Meski begitu, bukan hanya teknik dan skill  yang menjadi perhatian penonton, tapi juga gaya dan penampilan pemain.

Salah satu gaya penampilan pemain yang menarik perhatian penonton adalah gaya rambutnya. Di era tahun 90-an, kita masih ingat ada dua pemain yang memiliki gaya rambut yang unik. Dua pemain itu adalah Ruud Gulit dari Belanda dan Carlos Velderrama darn Kolombia. Kedua pemain itu memiliki gaya rambut yang hampir sama, Carlos Velderrama berambut kribo, sedangkan Ruud Gullit berambut gimbal. Banyak orang bahkan tidak bisa membedakan kedua pemain tersebut karena sepintas terlihat mirip.

Kedua pamain yang berposisi sebagai gelandang itu begitu dikenal pada era tahun 90-an. Selain gaya rambutnya yang unik, kedua pemain tersebut juga memiliki teknik dan skill sangat baik. Terbukti keduanya masuk ke Tim Nasional negaranya masing-masing. Ruud Gullit mengantarkan Belanda menjuarai Piala Eropa 1988 dan membela pada Piala Dunia 1990. Sedangkan Carlos Velderrama membela Kolombia pada Piala Dunia 1990, 1994 dan 1998. 

Sementara di level klub, kedua pemain juga merupakan pilar penting di klubnya masing-masing. Ruud Gullit mampu mengantarkan beberapa klub yang dibelanya menjadi juara, Feyenooord (1084), PSV Eindhoven (1986 dan 1987), dan AC Milan (1988, 1992 dan 1993). Sementara Carlos Velderrama pernah membela beberapa klub diantaranya Union Magdalena, Millonarios, Deportivo Cali, Montpellier Herault SC, Real Valladolid, Independiente Medellin, Atletico Junior, Tampa Bay Mutiny, Miami Fusion dan Colorado Rapids.

No comments:

Post a Comment

Daftar Bupati Purbalingga

DAFTAR BUPATI PURBALINGGA Foto: Dyah Hayuning Pratiwi, Bupati Purbalingga (medcom.id) Tahukah Anda, bupati Purbalingga saat ini y...