Friday, March 06, 2015

Menulis dan Lupakanlah!

Menulis di Kompasiana tentu punya tujuan dan keinginan agar tulisannya banyak dibaca orang. Target atau sasaran utama adalah tulisan bisa nangkring di HadLine (HL). Kalau itu terjadi, maka betapa bangga dan hati berbunga-bunga. Atau kalau pun itu nggak tidak tercapai penulis akan puas kalau jumlah pembaca tulisannya mencapai ratusan orang bahkan ribuan.

Atas dasar itulah, maka banyak Kompasianer yang memang expert dan ahli memberikan tips-tipsnya. Seperti misalnya Dean Ridone dalam tulisan  Mau Tulisan Kita di-HL atau Boneka Lilin dengan tulisannya Trik Agar Tulisan di Kompasiana Menjad HL.  Ada juga tulisan Pak Gunawan, Bagaimana Supaya Tulisan HL dan masih banyak lagi tulisan yang berisi tips-tips agar tulisan bisa masuk menjadi HeadLine (HL).  Silakan baca, pelajari dan praktikan. Jika rajin dan tekun mempelajarinya serta dan telaten mempraktikkannya, insya Allah berhasil.



Bagaimana kalau belum berhasil juga? Saran saya, tetaplah tekun dan telaten menulis. Kalau masih belum berhasil juga? Kembalikan pertanyaan ke diri kita masing-masing. Untuk apa sebenarnya tujuan utama menulis di Kompasiana? Untuk berbagi, untuk bersilaturahmi dengan menambah pertemanan, atau memang cuma mau nampang dengan label HL? Kalau memang tujuan tujuannya cuma yang penting HL, ada cara yang paling gampang, seperti yang ditulis oleh Pakde Sakimun, Kiat Agar Tulisan Bisa HL

Kalau hal itu masih juga belum memuaskan, maka tidak usah kecewa dan berkecil hati. Ingat, langit tak akan runtuh hanya karena tulisan Anda tidak menjadi HL. Tetaplah Semangat dan teruslah menulis. Bahkan seandainya tulisan Anda tidak ada yang meng-klick dan membacanya, Tetap dan Teruslah Menulis. Andai Menulis itu sebagai sebuah sedekah, maka lakukan Menulis dan Lupakanlah!

Salam Menulis,

No comments:

Post a Comment

Daftar Bupati Purbalingga

DAFTAR BUPATI PURBALINGGA Foto: Dyah Hayuning Pratiwi, Bupati Purbalingga (medcom.id) Tahukah Anda, bupati Purbalingga saat ini y...