Friday, December 04, 2015

Updatelah Blog Anda Minimal Satu Kata


Dalam sebuah sesi pelatihan menulis, salah seorang instruktur yaitu Pak Dodi Mawardi berpesan kepada para peserta Pelatihan Menulis Laskar Pena Hijau 2015 untuk membuat blog. Selain itu Pak Dodi Mawardi juga berpesan agar setelah memiliki blog maka jangan lupa untuk meng-update-nya.

“Jangan biarkan blog Anda sepi seperti kuburan. Updatelah blog Anda. Jika masih belum bisa menulis, isilah blog Anda dengan puisi. Jika tidak bisa menulis puisi, tulislah satu buah kalimat saja. Jika masih tidak bisa juga, updatelah blog Anda dengan minimal satu kata”, begitu pesan penulis buku Belajar Goblog dari Bob Sadino.

Pesannya benar dan jelas namun sekaligus menyentil. Masak seorang penulis, seorang bloger hanya bisa menulis cuma satu kata. Padahal di jaman sekarang ini, setiap orang ber-SMS-an atau ber-WhatshApp-an setiap hari. Sehari bisa sms atau WA dua tiga kali bahkan mungkin lebih. Setiap kali SMS atau WA paling tidak lima kata. Jika demikian maka lima kali tiga sama dengan lima belas kata. Itu hanya perkiraan dan diambil minimal. Pada fakta dan kenyataannya pasti lebih dari itu.

Jika sehari seseorang bisa SMS atau WA sampai lima belas kata, maka berarti dia bisa menulis sebanyak itu. Itu artinya menulis memang mudah, semudah ber-SMS atau WA. Maka tidak ada lagi alasan bagi seorang penulis atau bloger untuk tidak meng-update blognya.


Salam nge-Blog.

1 comment:

  1. Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
    Jika ya, silahkan kunjungi website ini www.kumpulbagi.com untuk info selengkapnya.

    Di sana anda bisa dengan bebas share dan mendowload foto-foto keluarga dan trip, music, video, filem dll dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)

    ReplyDelete

Daftar Bupati Purbalingga

DAFTAR BUPATI PURBALINGGA Foto: Dyah Hayuning Pratiwi, Bupati Purbalingga (medcom.id) Tahukah Anda, bupati Purbalingga saat ini y...