Monday, March 14, 2016

Dari Blog Gado-gado Menuju Niche Blog



Saya mengenal blog seiring mulai kenal dengan internet di tahun 2006. Setelah tahu bagaimana membuka internet, membuat email dan memanfaatkan google, selanjutnya saya belajar tentang blog. 

Tujuan utama dan pertama saat itu adalah memanfaatkan blog sebagai sarana untuk berlatih menulis. Karena baru belajar menulis tak heran jika blog pertama yang saya buat ini isinya beragam topik alias blog gado-gado.

Saya tidak peduli dengan tips dari bloger senior yang menyarankan agar membuat blog dengan satu tema atau topik tertentu. Dengan mengusung tema tertentu, blog  akan mudah dikenali oleh mesin pencari atau search engine seperti google. Hal itu akan menyebabkan banyaknya pengunjung. Keuntungan lainnya adalah si bloger akan dikenal sebagai pakar ata ahli di bidang tersebut.

Begitu juga dalam dunia tulis menulis. Banyak penulis senior yang menyarankan agar penulis pemula menulis topik atau tema tertentu. Tips atau saran ini juga untk sementara saya abaikan. Saya merasa tertarik dengan beragam hal yang bisa ditulis. Bahkan saya berniat menjadi penulis aliran generalis, yaitu penulis yang menulis beragam tema. Begitulah semangat seorang penulis pemula. Maka jadilah blog saya seperti ini, isinya macam-macam seperti gado-gado.  

Seiring perjalanan, saya mulai menyadari pentingnya membuat blog dengan satu tema tertentu. Orang menyebutnya sebagai blog khusus atau Niche Blog. Insya Allah ke depan saya akan membuat blog khusus atau niche blog. Karena saya punya minat dan ketertarikan dengan beberapa tema, maka saya membuat beberapa blog. Tiap-tiap blog saya buat dengan tema tertentu. Saat ini masih dalam proses. 

Sementara blog yang ini tetap saya pertahankan sebagai blog gado-gado.

Salam Nge-Blog.

Sumber Gambar: www.socialstrand.com

No comments:

Post a Comment

Daftar Bupati Purbalingga

DAFTAR BUPATI PURBALINGGA Foto: Dyah Hayuning Pratiwi, Bupati Purbalingga (medcom.id) Tahukah Anda, bupati Purbalingga saat ini y...