Tuesday, March 22, 2016

Transportasi Konvensional vs Transportasi Aplikasi

Hari ini, hampir semua Koran memuat berita tentang demo yang terjadi kemarin, Selasa (22/3/2016) di Jakarta. “Jakarta kacau balau kemarin. Transportasi umum nyaris lumpuh menyusul asi demonstrasi rbuan sopir taksi dan angkutan lainnya di berbagai titik.” Begitu yang ditulis Koran Sindo edisi Rabu (23/3/2016).

Begitu juga dengan berita-berita di televisi. Sejak kemarin siang hingga pagi tadi masih mengulas tetang aksi demo yang terjadi kemarin di Jakarta. Ribuan sopir taksi dan angkutan umum berdemo agar pemerintah menertibkan transportasi berbasis online. Pengemudi angkutan umum merasa ada ketidakadilan. Mereka harus mematuhi peraturan yang ada, sementara transportasi online bebas tanpa aturan termasuk dalam hal menentukan tarif.

Jadilah demo kemarin sebagai perlawanan antara transportasi konvensional vs transportasi online. Walau banyak yang tidak sepakat dengan hal itu. Salah satu pengurus DPP Organda berpendapat bahwa yang mereka tuntut bukan tenologi aplikasinya. Perkembangan teknologi itu tdak bisa dicegah dan dihentikan. Yang mereka tuntut adalah kesetaraan. Jika Transportasi konvensional diatur dengan Undang-undang, maka transportasi berbasis online juga seharusnya demikian.  

Sebenarnya demonstrasi yang yang dilakukan dengan tertib untuk menyampaikan sebuah tuntutan itu boleh-boleh saja. Sayangnya dalam aksi demo kemarin, terjadi kericuhan sehingga aksi yang niat awalnya baik menjadi anti klimak.

Masyarakat sebagai konsumen hanya menginginkan transortasi dengan pelayanan baik, aman dan tarif yang murah tentunya. Karena itu masyarakat bersikap netral saja saat terjadi demo. Namun begitu melihat demo berlangsung ricuh, masyarakat pun menjadi tidak simpati lagi.

Bahkan sampai ada yang tidak respek lagi dengan sebuah perusahaan taksi yang selama ini punya reputasi bagus, namun rusak oleh perilaku para pengemudinya saat demo. Semoga saja pemerinah segera bertindak membuat regulasi untuk transportasi berbasis aplikasi. Sehingga permasalahan transportasi yang terjadi saat ini bisa segera teratasi.

No comments:

Post a Comment

Daftar Bupati Purbalingga

DAFTAR BUPATI PURBALINGGA Foto: Dyah Hayuning Pratiwi, Bupati Purbalingga (medcom.id) Tahukah Anda, bupati Purbalingga saat ini y...