Saturday, May 14, 2016

Berapa Pengguna Internet di Indonesia Saat Ini?


Pengguna Internet di Indonesia terus meningkat dari tahun ke tahun. Pada tahun 2000 pengguna internet di negeri ini baru sekitar 2 juta. Kemudian pada tahun 2006 tercatat 20 juta pengguna, tahun 2009 sebanyak 33 juta dan pada tahun 2011 pengguna internet di Indonesia adalah 43 juta.

Pada tahun 2016 pengguna internet di Indonesia sudah pada angka 88,1 juta atau sekitar 34% dari jumlah penduduk 259,1 juta. Dengan jumlah tersebut, kini Indonesia menempati peringkat ke-enam di bawah China, Amerika Serikat, India, Brasil dan Jepang. 

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi peningatan pengguna internet di Indonesia. Namun setidaknya ada dua faktor yang paling berpengaruh terhadap peningkatan jumlah pengguna internet di Indonesia.

Pertama adalah adanya perkembangan teknologi smartphone yang semakin canggih dan mudah untuk didapatkan. Berbagai fitur dan fasilitas smartphone yang ada semakin mudah bagi pegguna untuk mengakses internet. Smartphone dengan fasilitas dan fitur tersebut juga bisa didapatka dengan harga yang terjangkau.

Berikut data pengguna internet yang dirilis Pusat Kajian Komunikasi (PSKAKOM) UI, 14 April 2015. Dari data di bawah ini jelas terlihat bahwa sebagian besar pengguna mangakses internet melalu telepon seluler atau smartphone.

1. Telepon Seluler (Smartphone): 85%
2. Laptop/ Notebook: 32%
3. PC/ Komputer: 14%
4. Tablet: 13%

*) Pada survey ini, responden boleh memberikan lebih dari satu jawaban

Kedua adalah penggunaan media sosial. Daya tarik media sosial saat ini begitu tinggi. Mungkin awalnya menggunakan media sosial sebagai gaya hidup agar tidak ketinggalan jaman. Namun kini menggunakan media sosial tidak sekadar untuk gaya hidup melainkan sudah menjadi kebutuhan komunikasi.

Pengaruh media sosial terhadap penigkatan jumlah pengguna internet tergambar pada data di bawah ini:

1. Menggunakan jejaring sosial: 87,4%
2. Mencari info/searching/browsing: 68,7%
3. Instan Message: 59,9%
4. Mencari berita terkini: 59,7%
5. Video streaming download/upload video: 27,3%
6. Berkomunikasi menggunakan email: 25,4%
7. Jual beli online: 11,0%
8. Game online/video call: 10,1%
9. Forum online/komunitas online: 4,3%

*) Pada survey tersebut, responden boleh memberikan lebih dari satu jawaban

Dari data tersebut jelas tergambar bahwa penggunaan media social sangat mempengaruhi peningkatan jumlah pengguna internet di Indonesa.

Jadi membanjirnya smartphone dengan harga yang terjangkau semua kalangan dan booming-nya media sosial saat ini menjadi dua faktor yang punya pengaruh besar terhadap peningkatan jumlah pengguna internet di Indonesia.

No comments:

Post a Comment

Daftar Bupati Purbalingga

DAFTAR BUPATI PURBALINGGA Foto: Dyah Hayuning Pratiwi, Bupati Purbalingga (medcom.id) Tahukah Anda, bupati Purbalingga saat ini y...