Friday, October 25, 2013

Konfederasi Sepak Bola Oseania



OFC (Oceania Football Confederation) adalah Konfederasi sepak bola Oseania, beranggotakan negara-negara yang terletak di wilayah samudera pasifik. Konfederasi ini didirikan pada tahun 1966 oleh Negara-negara Australia, Selandia Baru dan Fiji. Namun, sejak 1 Januari 2006, Australia keluar dari OFC dan bergabung dengan AFC (Konfederasi Sepak bola Asia).  

Alasan utama Australia adalah agar mudah menembus Piala Dunia. Pasalnya jatah bagi OFC di Piala dunia adalah setengah. Jadi untuk merebut tiket ke Piala Dunia, juara dari Zona Oceania harus bertanding di babak play-off melawan salah satu negara dari Zona Conmebol, Concacaf atau AFC. Faktanya Australia hanya berhasil meraih tiket Piala Dunia dua kali yaitu tahun 1974 dan 2006. Selebihnya Australia selalu gagal melewati play-off melawan salah satu negara Amerika Selatan.


Setelah keluarnya Australia, maka Selandia Baru menjadi kekuatan yang selalu menguasai Zona Oceania. Di Piala Dunia 2010 lalu, Selandia Baru berhasil melewati play-off setelah mengalahkan wakil Asia Bahrain. Itu adalah Piala Dunia kedua, setelah sebelumnya Selandia baru tampil pertama kali di Piala Dunia Spanyol tahun 1982. Dua kali itu pula Selandia Baru gagal lolos dari putaran pertama grup.

Saat ini, Zona Oceania memiliki 11 negara anggota yaitu:
1.         New Zeland
2.         New Caledonia
3.         Papua New Guinea
4.         Fiji
5.         Samoa
6.         Solomon Island
7.         Tahiti
8.         Tonga
9.         Vanuatu
10.     American Samoa
11.     Cook Island

No comments:

Post a Comment

Daftar Bupati Purbalingga

DAFTAR BUPATI PURBALINGGA Foto: Dyah Hayuning Pratiwi, Bupati Purbalingga (medcom.id) Tahukah Anda, bupati Purbalingga saat ini y...