Tuesday, December 10, 2013

Salam Indonesia Menang

Pesta olah raga antar negara-negara di kawasan Asia Tenggara (SEA Games) akan dibuka hari ini di Naypyidaw, Myanmar. SEA Games ke-27 diikuti oleh 11 negara mempertandingkan 35 cabang olah raga untuk memperebutkan 460 medali emas dan akan berlangsung dari tanggal 11 hingga 22 Desember 2013. Upacara pembukaan akan berlangsung di stadion Wunna Theikdi, di Naypyidaw, ibu kota Myanmar.

Ini adalah kali ketiga Myanmar menjadi tuan rumah penyelenggaraan SEA Games. Sebelumnya Myanmar juga pernah menjadi tuan rumah ajang olah raga dua tahunan  yaitu tahun 1961 dan 1969. Saat itu masih bernama SEAP Games dan hanya diikuti oleh 7 negara, yakni Thailand, Burma (sekarang Myanmar), Malaysia, Vietnam, Laos, Kamboja dan Singapura.



Dari 26 kali pelaksanaan pesta olah raga antar bangsa Asia Tenggara, baru enam negara yang pernah meraih juara umum. Thailand menjadi juara umum 11 kali, Indonesia 10 kali, Myanmar (Burma) 2 kali, sementara Malaysia, Filipina dan Vietnam masing-masing 1 kali.

Ada fakta menarik tentang juara umum. Thailand dari 11 kali juara umum, 6 kali diraih saat menjadi tuan rumah dan 5 kali diraih di negara lain. Indonesia, dari 10 kali juara umum, 4 kali diraih saat menjadi tuan rumah dan 6 kali diraih di negara lain. Sementara Myanmar (Burma), Malaysia, Vietnam dan Filipina hanya mampu menjadi juara umum saat menjadi tuan rumah.

Sudah menjadi rahasia umum bahwa tuan rumah SEA Games selalu “mengakali” bagaimana caranya agar menjadi juara umum. Cara mengakali tersebut antara lain dengan mempertandingkan cabang olah raga tradisional tuan rumah, mengurangi nomor-nomor cabang olah raga yang menjadi andalan negara pesaing, dan sebagainya.

Terlepas dari upaya akal-mengakali tuan rumah, sesungguhnya bangsa Indonesia harus berbangga. Dari keikutsertaan di SEA Games, Indonesia meraih 10 kali juara umum dan 6 kali diraih di luar kandang. Sementara Negara lain hanya mampu menjadi juara saat menjadi tuan rumah. Termasuk Thailand yang lebih banyak meraih juara umum saat menjadi tuan rumah.

Karena itu, SEA Games XXVII di Myanmar ini menjadi kesempatan bagi Indonesia untuk menunjukkan kebesarannya dengan kembali meraih juara umum. Dengan kekuatan 621 atlet dan 221 ofisial, Indonesia menargetkan 121 medali emas. Indonesia Pasti Bisa!

Salam Indonesia Menang!  

No comments:

Post a Comment

Daftar Bupati Purbalingga

DAFTAR BUPATI PURBALINGGA Foto: Dyah Hayuning Pratiwi, Bupati Purbalingga (medcom.id) Tahukah Anda, bupati Purbalingga saat ini y...