Friday, September 07, 2018

Atmosfir Asian Games 2018



Pesta olah raga Asian Games adalah moment yang sangat langka. Asian Games diadakan setiap empat tahun sekali. Tuan rumah adalah anggota OCA (Dewan Olympiade Asia) yang ditunjuk secara bergantian. Asian Games 2018 adalah yang kedua bagi Indonesia sebagai tuan rumah. Sebelumnya Indonesia juga pernah menjadi tuan rumah pada tahun 1962.

Sepuluh tahun lagi, belum tentu Indonesia menjadi tuan rumah lagi. Tuan rumah dua edisi Asian berkutnya sudah ditetapkan. Asian Games 2022 akan dilangsungkan di Hanzhou, China dan Asian Games 2026 di kota Nagoya, Jepang.

Maka sangat disayangkan jika warga Indonesia terutama yang tinggal di Jabodetabek tidak menyempatkan datang ke SUGBK Senayan Jakarta. Begitu juga yang tinggal di Palembang untuk datang ke Stadion Sriwijaya atau Sport City Palembang.


Sayangnya, saya seagai orang kantoran sulit untuk bisa menyaksikan pertandingan-pertandingan Asian Games 2018. Selain harga tiket yang lumayan, juga soal waktu. Apalagi pelaksanaan Asian Games 2018 berdekatan dengan perayaan HUT RI ke-73 dan perayaan Idhul Adha 1439 H. Agak repot ngatr waktunya memang.

Namun, mengingat Asian Games adalah moment langka, saya menyempatkan diri datang ke GBK satu hari sebelum penutupan. Ada yang namanya Festival Asian Games 2018 yang diadakan oleh panitia. Tiketnya juga murah, hanya Rp. 10.000,- Meski tidak menyaksikan pertandingan, di sana kita bisa ikut merasakan atmosfir, merasakan eforia Asian Games 2018.


Sabtu, 1 September 2018 saya bersama istri, Retno Utari  dan keponakan, Rian berangkat menuju ke GBK. Berangkat dari Ciputat jam sepuluh naik Busway gratis. Sampai di SUGBK sekitar jam sebelas lewat. Sedang panas-panasnya memang. Tapi itu tak mengurangi semangat saya untuk menikmati gegap gempita Asian Games 2018.     

Saya antri tiket, masuk melalui pintu 7 GBK. Melewati pemeriksaan terus menuju zona Bhin Bhin. Di depan patung Soekarno, dekat zona Bhin Bhin saya dan istri foto-fot. Jalan ke dalam foto-foto juga terus dilanjutkan ke zona Kaka dan zona Atung untuk berfoto-foto juga.


Alhamdulillah, sempat merasakan atmosfir Asian Games 2018 dari dekat. Auranya memang luas biasa. Saya bangga menjadi warga Indonesia. Indonesia memang luar biasa, Indonesia Bisa.

No comments:

Post a Comment

Daftar Bupati Purbalingga

DAFTAR BUPATI PURBALINGGA Foto: Dyah Hayuning Pratiwi, Bupati Purbalingga (medcom.id) Tahukah Anda, bupati Purbalingga saat ini y...