Wednesday, September 12, 2018

Inilah Sosok Erick Thohir, Ketua TKN Jokowi-Maruf Amin



Bagi pecinta sepak bola di tanah air, lebih khusus para Internisti, julukan bagi fans Inter Milan, nama Erick Thohir tentu sudah tidak asing lagi. Bersama dua rekan bisnisnya, Rosan Roeslani dan Handy Soetedjo, pada November  2013, Erick Thohir membeli saham salah satu klub sepak bola Italia, Inter Milan.

Dua tahun belakangan nama Erick Thohir semakin populer dan familier di masyarakat Indonesia. Pengusaha muda ini ditunjuk oleh pemerintah untuk menjadi  Ketua Panitia Asian Games 2018 atau  INASGOC. Hampir setiap hari, nama Erick Thohir selalu menghiasi pemberitaan di berbagai media. Terlebih saat pelaksanaan Asian Games XVIII digelar di Jakarta dan Palembang dari tanggal 18 Agustus hingga 2 September 2018.


Meski pelaksanaan Asian Games 2018 telah usai, namun rupanya nama Erick Thohir belum selesai. Calon Presiden Joko Widodo menunjuk pria penyuka Basket itu sebagai Ketua Tim Kampanye pasangan Capres-Cawapres Joko Widodo-Ma’ruf Amin. Maka selain semakin populer, semakin banyak juga orang yang ingin tahu siapa sebenarnya sosok pria berkulit putih yang murah senyum itu?


Erick Thohir, lahir di Jakarta 30 Mei 1970. Dia adalah anak ketiga dari tiga bersaudara dari pasangan Mochamad  Thohir  dan Edna Thohir. Dua kakaknya yaitu  Hireka Vitaya Thohir  atau Rika Thohir dan Garibaldy Thohir atau Boy Thohir. Ayahnya, Mochamad Thohir atau yang lebih dikenal dengan Teddy Thohir adalah pendiri Astra bersama William Soeryadjaya. Sementara kakaknya, Boy Thohir juga adalah seorang pengusaha tambang batubara dengan bendera perusahaan bernama PT. Adaro Energy.

Hingga SMA, Erick Thohir menjalani pendidikan di dalam negeri. Dilanjutkan dengan kuliah di Glendale University. Setelah itu ia melanjutkan pendidikan masternya dalam bidang Admnistrasi Bisnis (Master of Business Administration) di Universitas Nasional California. Erick Thohir meraih gelar Master pada tahun 1993. Meski dari keluarga pengusaha, namun ayahnya Teddy Thohir melarang anak-anaknya untuk mengurus bisnis keluarga.

Karena itu, sepulang ke tanah air, bersama Erick Thohir rekannya, M.Luthfi, Wisnu Wardhana dan R. Harry Zulnardi, mendirikan Mahaka Group. Dengan tagline “Beyond Media Creation”, Mahaka Media menjadikan dirinya sebagai Media Multiplatform yang membuat, menjual, mengumpulkan dan mendistribusikan konten-konten komunitas melalui semua platform yang dibutuhkan konsumen.
Pada tahun 2001, Mahaka Media mengakuisisi harian Republika yang saat itu tengah didera krisis keuangan dan berada di ambang kebangkrutan. Karena belum banyak memiliki pengalaman dalam bisnis media, maka ia kemudian belajar dari ayahnya. Kemudian ia juga mendapat bimbingan Jakob Oetama pendiri harian Kompas dan kemudian Dahlan Iskan yang merupakan pendiri sekaligus bos dari Jawa Pos. 


Erick Thohir menjabat sebagai Presiden Direktur PT Mahaka Media hingga 30 Juni 2008. kemudian setelah itu ia menjabat sebagai komisioner sejak Juni 2010. Saat ini Erick Thohir juga menjabat sebagai Direktur Utama Republika. Selain harian Republika, Grup Mahaka Media juga memiliki majalah Golf Digest, JakTV, stasiun radio GEN 98.7 FM, Prambors FM, Delta FM, FeMale Radio, dan VIVA Group. Erick juga memiliki usaha di bidang periklanan, jual-beli tiket, serta desain situs web.

Bersama salah satu rekan bisnisnya, Sandiaga Uno, Erick Thohir aktif di bidang olah raga Basket. Erick Thohir mencintai olah raga Basket sejak masa SMA. Ia juga pernah menjabat Ketua Umum PERBASI periode 2006 – 2010. Selain itu, Erick Thohir juga pernah menjabat Presiden Asosiasi Bola Basket Asia Tanggara (SEABA) selama dua periode. Kecintaanya pada dunia olah raga membawa dirinya ditunjuk oleh pmerintah sebagai Komandan Kontingen Indonesia untuk Olimpiade London 2012.



Selain klub sepak bola Inter Milan, Erick Thohir juga menjadi pemilik saham mayoritas klub  D.C. United,sebuah klub sepak bola yang bermarkasdi Whasington DC. Meski pada tahun 2018, Erick Thohir melepas semua saham di klub itu. Ia juga memiliki saham di Tim Basket NBA, Philadelphia 76ers. Sementara di dalam negeri, Erick Thohir memiliki klub Bola Basket Satria Muda.

Di bidang sosial, Ia mendirikan organisasi amal “Darma Bakti Mahaka Foundation”. Erick Thohir memiliki istri bernama Elizabeht Tjandra dan empat, Mahatma Arfala Thohir,  Mahendra Agakhan Thohir, Makayla Amadia Thohir dan Magisha Afryea Thohir.  

Referensi:

No comments:

Post a Comment

Daftar Bupati Purbalingga

DAFTAR BUPATI PURBALINGGA Foto: Dyah Hayuning Pratiwi, Bupati Purbalingga (medcom.id) Tahukah Anda, bupati Purbalingga saat ini y...