Thursday, August 24, 2006

Surat Lamaran Kerja


Surat adalah merupakan sarana komunikasi tertulis dari satu pihak kepada pihak lain. Surat lamaran kerja merupakan salah satu jenis surat dan dapat disimpulkan bahwa surat lamaran adalah surat yang dibuat oleh seseorang untuk melamar pekerjaan pada instansi tertentu, baik pekerjaan yang memang ditawarkan maupun tidak. Pekerjaan yang ditawarkan masuknya adalah lowongan kerja yang diiklankan baik di koran atau pun di media lain. Sementara pekerjaan yang tidak ditawarkan adalah pekerjaan yang memang tidak diklankan, tetapi pelamar tidak ada salahnya untuk menanyakan kemungkinan adanya lowongan. Mengingat alasan dan kondisi yang berbeda, maka dalam menulis kedua jenis surat lamaran di atas pun berbeda. Berikut adalah contoh format surat lamaran dimaksud;

a. Berdasarkan adanya iklan lowongan

Dessy Saptawati

Jl. Duren-duren XVI No. 509 Depok 16432

Telp. (021) 776 xxxx, HP. 0817xxxxxx

--------------------------------------------

Depok, Agustus 2006

Kepada Yth.

Manajer Personalia

PT. GLOBAL SEGERA DATANG

Jl. Tambora XXI No. 102

Jakarta 12xxxx

Dengan hormat,

Sehubungan dengan iklan lowongan kerja di Harian Ciliwung Post tanggal 1 Juli 2006, dengan ini saya mengajukan permohonan kerja di perusahaan Bapak

Saya lulusan Universitas Guna Bangsa, jurusan Manajemen Informatika, lulus tahun 2005. Semasa kuliah saya bekerja part time di beberapa perusahaan. Dengan bekal latar belakang pendidikan dan pengalaman kerja yang saya miliki, saya yakin bisa melaksanakan tugas yang akan Bapak berikan.

Sebagai kelengkapan lamaran, berikut saya lampirkan :

1. Foto copy Ijazah

2. Daftar Riwayat Hidup

3. Surat Pengalaman Kerja

4. Foto copy KTP

5. Pas Foto 4 x 6 dua lembar

Demikian surat lamaran ini saya sampaikan. Atas perhatian dan kebijakan Bapak saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

Dessy Saptawati

b. Tanpa informasi

Endah Sri Utami

Jl. Rebung Raya - Depok 16421

Telp. 7520xxxx, HP. 0817xxxxxxxx

-------------------------------------

Kepada Yth.

Kepala Personalia

PT. Beji Global Media

Jl. Mawar Raya No. 100

Jakarta

Dengan hormat,

Melalui surat ini, saya bermaksud menanyakan kemungkinan adanya lowongan di perusahaan Bapak.

Saya lulusan Universitas Nusantara, jurusan Sastra Swedia lulus tahun 2005. Saya pernah menjadi reporter dan editor di Majalah Fatamorgana dan sering menulis artikel maupun cerpen di beberapa surat kabar. Pekerjaan yang saya minati adalah sebagai Editor.

Sebagai bahan pelengkap lamaran, berikut saya lampirkan :

1. Foto copy Ijazah

2. Daftar Riwayat Hidup

3. Surat Pengalaman Kerja

4. Foto copy KTP

5. Pas Foto 4 x 6 sebanyak dua lembar

Demikian surat lamaran ini saya sampaikan. Atas perhatian dan kebijakan Bapak, saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

Endah Sri Utami

Demikian contoh dua macan surat lamaran. Perlu diketahui bahwa tidak ada format surat lamaran yang baku, jadi Anda boleh berkreasi dalam menulis surat lamaran. Namun demikian, kreasi Anda tetap mengacu pada format standar atau umum dan sering dipakai banyak orang. Semoga bermanfaat.

Disarikan dari berbagai sumber.

Wassalaman,

Badiyo

http://badiyo.multiply.com

No comments:

Post a Comment

Daftar Bupati Purbalingga

DAFTAR BUPATI PURBALINGGA Foto: Dyah Hayuning Pratiwi, Bupati Purbalingga (medcom.id) Tahukah Anda, bupati Purbalingga saat ini y...