Tuesday, August 15, 2006

Tips Menghadapi Masa Pencarian Kerja

Tidak sedikit orang mengalami stres bahkan frustasi dalam menghadapi masa pencarian kerja. Betapa tidak, setiap hari membaca lowongan kerja di koran, sudah tanya kesana-kemari bahkan puluhan surat lamaran sudah dikirim, namun panggilan tak kunjung tiba. Lho kok loyo? Stop! Jangan frustasi dan Anda tidak perlu stres. Bukan hanya Anda yang mengalami hal ini, oleh karena itu bersabarlah. Berikut tips-tips dalam menghadapi masa pencarian kerja.

1. Tetaplah Berfikir Positif
Sebagai makhluk religius, Anda harus yakin bahwa Tuhan pasti akan memberikan yang terbaik bagi Anda. Belum berhasilnya Anda memperoleh pekerjaan yang Anda cita-citakan, tentu karena Tuhan punya rencana dan maksud yang terbaik bagi Anda. Untuk itulah, berfikirlah positif. "Apapun yang terjadi, patut disyukuri" kata Bapak Andrie Wongso, salah seorang motivator Indonesia dalam bukunya "15 Wisdom Success".
2. Sibuklah Selama Menunggu
"Busy while waiting" kata Bapak Mario Teguh, seorang konsultan bisnis Indonesia. Sambil mencari atau menunggu panggilan kerja, banyak hal yang bisa Anda lakukan. Membaca buku yang berhubungan dengan kompetensi Anda, atau pengetahuan lain yang bisa menmabha wawasan Anda. Anda juga bisa magang kerja sementara untuk menambah ketrampilan, baik dengan atau pun tanpa honor. Kerja magang tanpa honor? Kenapat tidak!. Ingat, jangan bekerja hanya karena motivasi untuk mencari uang, tetapi juga untuk belajar, menambah keterampilan, dan juga mematangkan pribadi Anda.
3. Bangunlah Jaringan
Jalinlah jaringan pribadi Anda dengan cara bersilaturrahmi dengan saudara, teman, dan siapa saja yang Anda kenal. Di jaman serba mudah ini, bersilaturrahmi tidak harus berkunjung ke rumah, bisa telpon, sms, atau email. Memang akan lebih baik jika bisa datang langsung ke rumah, tetapi dengan memanfaatkan teknologi informasi tersebut tidak ada salahnya untuk dicoba. Informasikan kepada mereka bahwa Anda sedang mencari pekerjaan.
4. Aktiflah, Jangan Pasif
Dalam mencari lowongan kerja, jangan hanya menunggu adanya lowongan. Aktiflah mencari dan bertanya. Tidak ada salahnya Anda mengirim Surat Lamaran ke sebuah perusaha walaupun Anda tidak tahu ada atau tidak lowongan di perusahaan tersebut. Hanya saja dalam redaksi surat lamaran ada sedikit perbedaan dibanding surat lamaran yang ditujukan ke perusahaan karena sedang ada lowongan. Hal Ini harus Anda perhatikan. Tentang surat lamaran, akan dibahas dalam tulisan yang akan datang. Anda juga bisa menelpon ke berbagai perusahaan untuk menanyakan informasi barangkali ada lowongan di perusahaan tersebut. Dalam hal ini, Anda harus berhati-hati. Bertanyalah dengan sopan dan seperlunya, jangan terlalu banyak bertanya, nanti Anda dicap cerewet.
5. Persiapkan diri untuk Menghadapi Wawancara
Anda tidak tahu kapan datang panggilan untuk wawancara. Yang penting, bersiaplah. Belajarlah untuk menghadapi pertanyaan yang bersifat umum agar dapat merespon dengan cepat kemauan pewawancara. Perluas wawasan Anda, kuasai pengetahuan umum dan tentunya pengetahuan khusus yang sesuai dengan kompetensi atau pekerjaan yang Anda lamar.
6. Jangan Melakukan Hal Negatif
Hindari keinginan Anda untuk memalsukan resume. Hindari keinginan Anda untuk menyogok atau menyuap. Apa pun alasannya, memalsukan resume dan menyogok adalah perbuatan yang tidak baik yang akan menghancurkan diri Anda sendiri bahkan keluarga Anda.
7. Jangan pernah Menyerah!
Dalam meraih keberhasilan di bidang apa pun termasuk dalam mencari pekerjaan, sikap mental pantang menyerah amat diperlukan. Dengan demikian, segenap rintangan mampu dihadapi dengan tabah dan sabar. Mental juara, begitu sebutan orang bagi yang memiliki sikap ulet dan daya juang tinggi. Dengan memiliki mental juara, maka untuk memperoleh pekerjaan yang Anda cita-citakan hanya masalah waktu. Insya Allah.
Semoga bermanfaat.
Disarikan dari berbagai sumber.
Salam Sukses!

Badiyo

No comments:

Post a Comment

Daftar Bupati Purbalingga

DAFTAR BUPATI PURBALINGGA Foto: Dyah Hayuning Pratiwi, Bupati Purbalingga (medcom.id) Tahukah Anda, bupati Purbalingga saat ini y...