Thursday, August 30, 2018

Maskot Asian Games 2018




Menurut Wikipedia, maskot adalah bentuk atau benda yang dapat berbentuk seseorang, binatang atau objek lainnya yang diaggap membawa keberuntungan dan berfungsi untuk  menyemarakan suasana acara yang diadakan.

Pada umumnya maskot merepresentasikan karakter atau budaya masyarakat yang ada. Setiap maskot diberi nama panggilan yang dsesuaikan dengan karakter dari maskot itu sendiri.


Maskot Asian Games 2018 Jakarta Palembang yang mengusung tema Energy of Asia adalah Bhin Bhin, Atung dan Kaka. Mari kita mengenal mereka.

Bhin Bhin adalah seekor burung Cendrawasih (Paradisaea Apoda) yang merepresentasikan strategi. Bhin Bhin mengenakan rompi dengan motif Asmat dari Papua.

Atung adalah seekor rusa Bawean (Hyelaphus Kuhlii) yang merepresentasikan kecepatan. Atung mengenakan sarung dengan motif tumpal dari Jakarta.

Kaka adalah seekor badak bercula satu (Rhinoceros Sondaicus) yang merepresentasikan kekuatan. Kaka mengenakan pakaian tradisional dengan motif bunga khas Palembang.

Mengapa mereka diberi naka Bhin Bhin, Atung dan Kaka? Ya, banyak orang bertanya demikian. Nama itu memang bukan tanpa makna. Bhin Bhin Atung dan Kaka adalah kependekan dari Bhineka Tunggal Ika. Semboyan bangsa Indonesia, berbeda-beda namun tetap satu kesatuan, Indonesia.

Referensi:
-            www.asiangames2018.com

No comments:

Post a Comment

Daftar Bupati Purbalingga

DAFTAR BUPATI PURBALINGGA Foto: Dyah Hayuning Pratiwi, Bupati Purbalingga (medcom.id) Tahukah Anda, bupati Purbalingga saat ini y...