Wednesday, August 22, 2018

Pembukaan Asian Games 2018



Pesta olah raga antar negara Asia atau Asian Games 2018 telah dibuka oleh Presiden Joko Widodo yang didampingi Wakil Presiden Jusuf Kalla di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) Senayan Jakarta, Sabtu, 18 Agustus 2018.  Asian Games yang ke-18 ini dilangsungkan di dua kota, Jakarta dan Palembang mulai tanggal 18 Agustus – 2 September 2018.

Pembukaan Asian Games 2018 ini dimeriahkan dengan pertunjukan kolosal yang sangat memukau. Tari Saman yang diikuti 1.500 penari begitu menakjubkan para penonton. Disusul juga oleh berbagai tarian dan lagu-lagu daerah yang ada di seluruh Indonesia, dari Sabang Sampai Merauke. Tema yang diusung adalah Unity in Diversity. Indonesia yang beragam namun tetap menjadi kesatuan.


Beberapa artis top Indonesia tampil untuk memeriaka acara tersebut antara lain Via Valen, Fatin, Ariel, Sheryl, Rian Masiv dan lain-lain. Selain tari saman, yang paling memukau adalah video yang menggambarkan kedatangan presiden Joko Widodo yang mengendarai Motor Gede,

Dimulai dari Istana Bogor, presiden Jokowi berangkat menuju SUGBK dengan pengawalan ketat dari Paspamres. Di tengan perjalanan, terjadi kemacetan. Jokowi keluar dari mobil kepresidenan dan kemudian naik motor gede untuk menerobos kemacetan. Motor yang dinaiki Jokowi secara spektakuler melompat dan terbang melewati kemacetan.

Di tengah jalan, rombongan Jokowi melewati sebuah sekolah di mana anak-anak sekolah yang mengenakan seragam pramuka itu sedang menyeberang. Jokowi secara bijak menghentikan motornya dan memerintahkan para pengawal untuk berhenti dan mempersilakan para anak sekolah menyeberang jalan.

Seorang siswa tertinggal di belakang, Jokowi membuka helm-nya. Si anak siswa yang memegang es lilin itu melongo terperanjat. Dia tidak menyangka kalau orang yang naik motor yang mempersilakan anak-anak sekolah menyeberang itu adalah Joko Widodo, orang nomor satu di negeri ini. Setelah itu Jokowi beserta rombongan melanjutkan perjalanan menuju SUGBK, sampai di sana, Jokowi naik lift dan kemudian keluar lift dan menuju VVIP disambut tepuk tangan seluruh hadirin.  

Adapun tema utama Asian Games 2018 adalah Energy of Asia. Land of Diversiy. Pembukaan dihadiri juga oleh Ketua Panitia Asian Games (INASGOC) Erick Tohir dan juga Ketua Dewan Olimpyade Asia (Olympic Council of Asia), Seikh Fahad Al-Sabah.  

Ada 37 cabang olahraga yang dipertandingkan dalam Asian Games 2018, antara lain 28 cabang olahraga Olimpiade, 4 cabang olahraga Asia, dan juga 5 cabang olahraga lain hasil usulan dari negara tuan rumah. Selain Jakarta dan Palembang, pertandingan Asian Games juga dilangsungkan di beberapa daerah lain seperti Lampung, Banten, dan Jawa Barat.

Pesta olah raga multi event empat tahunan itu diikuti oleh 45 negara termasuk tuan rumah Indonesia.  Negara-negara tersebut adalah Afghanistan, Bahrain, Bangladesh, Bhutan, Brunei, Cambodia, China, Taipei, Hong Kong, India, Indonesia, Iran, Iraq, Japan, Jordan, Kazakhstan, Kuwait, Kyrgyzstan, Laos, Lebanon, Macau, Malaysia, Maladewa, Mongolia, Myanmar, Nepal, Korea Utara, Oman, Pakistan, Palestina, Filipina, Qatar, Arab Saudi, Singapura, Korea Selatan, Sri Lanka, Syria, Tajikistan, Thailand, Timor Leste, Turkmenistan, Uni Emirat Arab, Uzbekistan, Vietnam, serta Yemen.

Upacara pembukaan atau Opening Ceremony Asian Games 2018 berlangsung secara lancer, aman dan Sangat Spektakuler.

No comments:

Post a Comment

Daftar Bupati Purbalingga

DAFTAR BUPATI PURBALINGGA Foto: Dyah Hayuning Pratiwi, Bupati Purbalingga (medcom.id) Tahukah Anda, bupati Purbalingga saat ini y...