Tuesday, August 28, 2018

Via Vallen: Dari Pop ke Dangdut Koplo


Bernama asli Maulidia Octavia, artis dangdut kelahiran Surabaya, 1 Oktober 1995 ini lebih dikenal dengan nama Via Vallen. Bagi pecinta musik dangdut Via Vallen bukanlah nama yang asing bagi mereka. Namun penampilannya di Opening Ceremony Asian Games, 18 Agustus 2018 lalu di SUGBK Jakarta membuat namanya semakin melambung.  

Pada Upacara Pembukaan Asian Games 2018, Via Vallen membawakan lagu Meraih Bintang,  Official Theme Song Asian Games 2018. Meraih Bintang adalah lagu yang diciptakan Parlin Burman Siburian atau yang lebih dikenal dengan Pay.


Via Vallen memiliki hobi menyanyi sejak kecil. Bakat menyanyi Via turun dari ayahnya juga seorang musisi dangdut. Saat usia 15 tahun, ayahnya mulai mengajak Via Vallen manggung untuk belajar.   

Jauh sebelum manggung,sebenarnya Via Vallen sebenarnya lebih tertarik dengan musik pop. Beberapa artis idola Via Vallen antara lain  Beyonce, Mariah Carey,  Evanescence dan  Avril Lavigne. Kedua orangtuanyalah yang akhirnya mengarahkan Via Vallen ke jalur musik dangdut. Hal itu sesuai dengan dunia yang digeluti ayahnya yakni musik dangdut.

Meski akhirnya menekuni jalur musik dangdut, Via tak lantas sekadar mengikuti musik dangdut pada umumnya. Via membawakan lagu dangdut dengan style-nya sendiri.  Dia membawakan lagu dangdut dengan gaya pop. Sementara lagu dangdutnya sendiri sudah bergaya koplo, maka jadilah dangdut pop koplo, sebagai genre tersendiri yang khas.  


Singel pertamanya berjudul Selingkuh pada tahun 2015 terbilang sukses. Beberapa lagu yang pernah dibawakan penyanyi ini antaralain Pikir Keri, Selimut Rindu, Kanggo Riko, Bilang I Love You, Satu Cinta dan beberapa lagu lainnya. Namun satu lagu yang membuat namanya semakin populer adalah lagu Sayang.

Namanya semakin melambung saat dirinya memenangkan penghargaan SCTV Award 2017 dalam kategori Penyanyi Dangdut Paling Ngetop Tahun 2017. Ketenaran pedangdut asal Jawa Timur itu semakin tak terbendung saat dia didaulat menjadi salah satu penyanyi yang tampil di Opening Ceremony Asian Games 2018.

Lagu yang dinyanyikan adalah Meraih Bintang sebagai Official Theme Song Asian Games 2018. Harapan Via Vallen adalah agar lagu Meraih Bintang bisa sepopuler lagu Sayang yang pernah dinyanyikan itu. Kini selama pelaksanaan Asian Games 2018, dari tanggla 18 Agustus hingga 2 September 2018, lagu Meraih Bintang setiap hari berkumandang berkali-kali. Maka bisa saja harapan Via Vallen akan menjadi kenyataan, lagu Meraih Bintang akan sepopuler lagu Sayang. Semoga saja.

Referensi: dari berbagai sumber. 

No comments:

Post a Comment

Daftar Bupati Purbalingga

DAFTAR BUPATI PURBALINGGA Foto: Dyah Hayuning Pratiwi, Bupati Purbalingga (medcom.id) Tahukah Anda, bupati Purbalingga saat ini y...