Tuesday, November 22, 2016

Mengapa Da'tsur Menjadi Pembela Islam?

Dikisahkan dalam suatu peperangan, Nabi Muhammad yang kelelahan beristirahat dan tertidur di bawah pohon yang rindang. Tiba-tiba seorang musrikin bernama Datsur datang menghampiri dan berdiri di hadapan Nabi.

Sambil berkacak pinggang Datsur menghardik dan mengancam Nabi Muhammad sambil mengacungkan pedangnya:

“Hai Muhammad, Siapakah yang akan menolongmu dari pedang ini?”

Nabi tersentak sekejap dan kemudian menatap mata Datsur. Tatapan mata Nabi yang sejuk namun penuh keberanian membuat hati Datsur mulai gemetar. Dengan tenang dan penuh keyakinan, Nabi menjawab:

“Sebagai manusia, aku sudah tidak punya daya, tiada lagi yang dapat melindungiku, kecuali Allah!”
Tubuh Da’tsur semakin gemetar dan bahkan menggigil mendengar jawaban Nabi.  Pedang yang ada di tanganya pun jatuh ke tanah.

Nabi segera mengambil pedang itu dan mengacungkannya kepada Datsur.

“Sekarang, siapakah yang akan menyelamatkanmu dari pedangku?”

Dengan bibir yang gemetar, Da’tsur menjawab, “Tidak ada yang dapat menyelematkan ku kecuali engkau Muhammad”

Apa yang terjadi kemudian? Nabi Muhammad bukanlah seorang pendendam. Beliau sudah memaafkan Da’tsur bahkan sebelum dia memintanya. Kemudian Nabi menyerahkan pedang milik Da’tsur dan membebaskan musrikin itu.

Mengetahui akhlak Nabi yang begitu mulia, Da’tsur kagum dan tertarik dengan ajaran Islam. Da’tsur akhirnya masuk Islam dan berdakwah mengajak kaumnya untuk mengikuti jejaknya. Dan kelak Da’tsur dikenal sebagai sosok pahlawan Pembela Islam.

Referensi: Dari Berbagai Sumber

No comments:

Post a Comment

Daftar Bupati Purbalingga

DAFTAR BUPATI PURBALINGGA Foto: Dyah Hayuning Pratiwi, Bupati Purbalingga (medcom.id) Tahukah Anda, bupati Purbalingga saat ini y...