Monday, December 05, 2016

Siapa Starting Line-up Timnas Hadapi Vietnam Besok?

Pertanyaan menarik menjelang laga semi final Piala AFF 2016 leg kedua kontra Vietnam, Rabu (7/12/2016) besok adalah siapa starting line-up  yang akan diturunkan pelatih Alfred Riedl?

Ini menarik karena saat menang 2-1 atas Vietnam di laga semi final leg pertama di Stadion Pakansari Cibinong, (3/12/2016), Indonesia menurunkan dua center bek cadangan. Dua bek tengah yang menjadi pemain inti di pertandingan sebelumnya, Fahrudin dan Yanto Basna harus absen karena terkena akulumasi kartu kuning.

Dua center bek cadangan yang dimainkan Riedl di Pakansari Cibinong adalah Manahati Lestusen dan Hansamu Yama Pranata. Meski sebagai pemain pelapis, keduanya bermain sangat baik dalam mengamankan lini petamahan Garuda. Bahkan Hansamu Yama Pranata menyumbang satu gol bagi Merah Putih.

Apakah Alfred Riedl akan kembali memainkan dua bek tengah inti Fahrudin dan Yanto Basna? Pasalnya dua pemain penggani, Manahati Lestusen dan Hansamu Yama juga tak kalah baik. Namun Fahrudin Aryanto nampaknya akan kembali memimpin lini belakang Timnas. Sementara Yanto Basna masih tanda tanya mengingat pemain asal Persib itu beberapa kali melakukan kesalahan.

Mengapa Alfred Riedl tidak mencoba memasang Fahrudin Aryanto dan Hansamu Yama Pranata untuk berduet di lini pertahanan Indonesia? Sebenarnya hal itu sangat mungkin. Namun penggantian pemain saat laga penting memang penuh risiko.   

Soal skema nampaknya Alfred Riedl sudah terlanjur setia dengan pola 4-4-2. Meski sukses dengan pola varasi 4-2-3-1 saat menekuk Singapura di penyisihan grup, Riedl kembali ke pola 4-4-2 saat menjamu Vietnam di Cibinong. Meski pola itu berubah menjadi 4-2-3-1 di akhir babak kedua saat Boas Salossa ditarik keluar dan digantikan Evan Dimas Darmono.

Seperti diberitakan, pada laga leg kedua semi final Rabu (7/12/2016) besok Alfred Riedl akan tetap memakai skema sama saat membekuk Vietnam 2-1 di Cibinong Sabtu (3/12/2015) lalu. Jika benar, maka perkiraan pemain adalah Kurnia Meiga sebagai penjaga gawang. Benny Wahyudi di full-back kanan dan Abduh Lestaluhu di full-back kiri. Fahrudin dan Yanto Basna sebagai bek tengah, Risky Pora, Stefano Lilipal,  Bayu Pradana dan Andik Vermansyah di lini tengah. Boaz Salossa dan Ferdinan Sinaga akan berduet di lini depan.

Sebagai cadangan adalah Andritany Ardiyasa (Penjaga Gawang), Manahati Lestusen, Hansamu Yama Pranata, Abdul Rahman, Gunawan Dwi Cahyo, Dedi Kusnandar, Zulham Zamrun, Evan Dimas Darmono, Bayu Gatra, Lerby Eliandry.

Peluang Kedua Tim: 50 : 50

Prediksi Skor: 2 - 2 

No comments:

Post a Comment

Daftar Bupati Purbalingga

DAFTAR BUPATI PURBALINGGA Foto: Dyah Hayuning Pratiwi, Bupati Purbalingga (medcom.id) Tahukah Anda, bupati Purbalingga saat ini y...