Tuesday, December 13, 2016

Final Piala AFF Leg I: Indonesia vs Thailand

Malam nanti, Rabu (14/12/2016) Indonesia akan menghadapi Thailand pada final AFF Suzuki Cup 2016 leg pertama di Stadion Pakansari, Cibinong Bogor.

Ini adalah final kelima bagi skuad Garuda Merah Putih. Dalam empat final sebelumnya, Indonesia selalu kandas. Pada final tahun 2000 Indonesia kalah 1-4 dari Thailand. Dua tahun berikutnya, Indonesia kembali takluk dari Thailand 2-4 melalui adu pinalti.

Indonesia kembali menembus final pada tahun 2004, namun lagi-lagi Merah Putih gagal meraih juara dan kalah 2-5 dari Singapura. Pada final tahun 2010, Indonesia harus mengakui keunggulan negeri Jiran dengan agredat 2-4.

Sementara bagi Thailand final tahun ini adalah yang ke delapan kalinya. Sebelumnya The War Elephant, julukan bagi Thailand telah tujuh kali menembus final. Dari tujuh kali menembus final, Thailand empat kali meraih juara turnamen sepak bola paling bergengsi se-Asia Tenggara itu.

Kedua tim telah bertemu di babak penyisihan grup B di Filipina, 19 November 2016 lalu di mana Indonesia kalah 2-4 dari Thailand. Indonesia dan Thailand akhirya bertemu kembali di partai puncak setelah mengalahkan lawan-lawannya di semi final.

Indonesia di luar prediksi mampu menyingkirkan favorit lainnya Vietnam dengan agregat 4-3. Sedangkan Thailand menang meyakinkan atas Myanmar dengan agregat 6-0.

Di atas kertas maupun di atas lapangan hijau Thailand memang lebih diunggulkan. Sejak awal digelarnya turnamen dua tahunan ini, permainan Thailand memang cukup meyakinkan. Tak heran jika banyak pengamat yang menjagokan Thailand untuk meraih juara Piala AFF 2016.

Namun sebenarnya permainan Indonesia juga tidak kalah baik. Terbukti Indonesia mampu menjebol gawang Thailand dua kali saat babak penyisihan. Sayang pertahanan Indonesia kurang rapi sehingga pertandingan berakhir 2-4 untuk Thailand.

Jadi PR bagi Indonesia sebenarnya tinggal merapikan dan memperkokoh lini pertahanan. Soal lini serang, Boaz dkk tidak kalah tajam dari Gajah Perang. Mental pemain Timnas juga sudah oke.

Indonesia juga beruntung memiliki pelatih Alfred Riedl yang cerdas dan ahli taktik serta piawai dalam menyusun srategi. Dengan permainan Boaz Salossa dkk yang semakin meningkat dan didukung pelatih cerdik Alfred Riedl, bukan tak mungkin Indonesia akan mengangkat tropy AFF untuk yang pertama kalinya. Semoga saja. Aamiin.

Sumber Foto: Pikiran Rakyat

No comments:

Post a Comment

Daftar Bupati Purbalingga

DAFTAR BUPATI PURBALINGGA Foto: Dyah Hayuning Pratiwi, Bupati Purbalingga (medcom.id) Tahukah Anda, bupati Purbalingga saat ini y...