Friday, December 16, 2016

Rizky Rizaldi Pora

Nama lengkapnya Rizky Rizaldi Pora, lahir di Ternate, 22 November 1989. Pemain ini mengawali karir profesionalnya di Persita Tangerang sejak 2010 – 2013. Kemudian pemain dengan tinggi badan 175 cm itu pindah ke Barito Putra dari 2013 hingga sekarang.

Pemain yang berposisi sebagai sayap kiri itu melakukan debutnya di Timnas pada 21 Juni 2014. Saat itu Timnas Indonesia yang juga dilatih Alfred Riedl menghadapi Filipina di babak penyisihan grup A Piala AFF 2014. Sayang debutnya kurang manis karena Indonesia takluk 0-4 dari Filipina dan gagal lolos ke babak semi final.

Pelatih berkebangsaan Austria itu kembali memanggil Rizky Pora untuk mengikuti Pelatnas Timnas Piala AFF 2014. Setelah mengikuti beberapa kali tahapan seleksi, pemain Barito Putra ini lolos mengisi skuad inti Timnas Indonesia. Nama Rizky Pora melengkapi 23 nama pemain Timnas yang didaftarkan ke Panitia AFF 2016.  

Namun dalam beberapa laga uji coba, Riedl memilih Zulham Zamrun untuk mengisi sayap kiri. Sementara Rizky Pora menjadi pemain cadangan. Kondisi sebaliknya terjadi saat turnamen AFF 2016 dimulai. Rizky Pora menjadi pilihan utama Alfred Riedl dan membangucadangkan Zulham Zamrun. Keputusan Alfred Riedl itu sedikit menjadi tanda tanya bagi pemerhati sepak bola yang sekaligus meragukan kemampuan Rizky Pora.

Rupanya Opa Riedl, sapaan akrab pelatih berusia 67 tahun itu, begitu jeli melihat perkembangan setiap pemain. Terbukti di turnamen Piala AFF 2016 ini penampilan Rizky Pora begitu impresif. Menempati posisi gelandang sayap kiri, Rizky Pora selalu menjadi pemain yang mengacak-acak pertahanan lawan.

Rizky Pora memiliki kecepatan dan daya juang yang tinggi. Pemain ini juga memiliki spesialis tendangan penjuru. Dua tendangan penjuru yang dilakukan berbuah gol melalui sundulan Hansamu Yama. Satu asisnya juga berbuah gol melalui sundulan Boaz Salossa. Selain tiga asis, Rizky juga telah menyumbang satu gol saat final leg pertama melawan Thailand di Stadion Pakansari Cibinong (14/12/2016).

Agresifitasnya di lapangan dan kontribusinya bagi Timnas akan kembali dibuktikan saat laga final Piala AFF 2016 leg kedua di Stadion Rajamangala, Bangkok Thailand, Sabtu (17/12/2016).

No comments:

Post a Comment

Daftar Bupati Purbalingga

DAFTAR BUPATI PURBALINGGA Foto: Dyah Hayuning Pratiwi, Bupati Purbalingga (medcom.id) Tahukah Anda, bupati Purbalingga saat ini y...